Kamis, 27 Oktober 2011

10 Kota Paling Layak Huni di Dunia


Akhirnya keluar juga hasil dari survey kota layak huni secara global oleh beberapa instansi seperti: Huffington Post dan the national ledger. kota layak huni ini didasarkan pada 5 kriteria penilaian baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

5 kriteria penilaian meliputi

1. ketersediaan kebutuhan dasar masyarakat ( bangunan layak huni dan layak pakai, ketersediaan air bersih, listrik,dll)
2. ketersediaan fasilitas publik (taman, trotoar, rumah ibadah, dll)
3. ketersedian fasilitas pendukung sektor ekonomi, sosial, politik, dan budaya
4. ketersediaan ruang dan tempat berinteraksi dan berkembang
5. kenyamanan, keamanan, keindahan fisik, serta kemajuan pembangunan serta teknologi yang ramah lingkungan

                              

1. Vancouver
Vancouver adalah sebuah kota di Provinsi British Columbia, Kanada. Kota ini adalah daerah metropolitan terbesar di Kanada bagian barat dan ketiga terbesar di Kanada. Daerah metropolitan Vancouver didiami oleh 2.132.824 Vancouverites, sebutan untuk penduduk Vancouver, termasuk 583.296 jiwa di kota Vancouver sendiri. Walikota Vancouver adalah Sam Sullivan.


2. Vienna
Vienna bangkit dari kehancuran akibat Perang Dunia II menjadi kota industri moderen dan pusat komunikasi. Setelah periode pembangunan, Vienna kembali membangun kejayaan sebagai pusat kebudayaan dan kesenian, musik, teater, kuliner, dan pariwisata.

3. Melbourne
Melbourne sudah dua kali mendapatkan predikat "The World's Most Liveable Cities" (kota paling nyaman untuk ditinggali) dari The Economist, yaitu pada 2002 dan 2004.

4. Toronto
Toronto adalah kota terbesar di Kanada dan merupakan ibu kota provinsi Ontario. Populasi Toronto adalah 2.518.772 (perkiraan 2004); dan yang diDaerah Toronto Raya (GTA) adalah 5.715.386 (2004).

5. Calgary
Calgary adalah kota terbesar di provinsi Alberta, Kanada. Terletak di kawasan kaki bukit, Calgary adalah kota terbesar di Kanada dihitung berdasarkan jumlah penduduk. Penduduknya berjumlah 991.759 jiwa (April 2006) dan luasnya adalah 789,90 km²

6. Helsinki
Helsinki adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Finlandia penduduk sebanyak 562.570 jiwa. Kota ini terletak di bagian selatan Finlandia, di tepi Teluk Finlandia dan Laut Baltik. Daerah urban Helsinki termasuk kota EspooVantaa, dan Kauniainen, yang disebut juga Wilayah Ibukota dengan penduduk sebanyak 992.836 jiwa. Daerah Helsinki Raya (Greater Helsinki) melingkupi lebih banyak kota-kota di sekitarnya dan memiliki 1.283.093 penduduk yang berarti satu dari empat penduduk Finlandia tinggal di daerah tersebut.

7. Sydney
Sydney dianggap sebagai sebuah kota dunia A+, berdasarkan daftar kelompok Universitas Loughborough tahun 2008 dan menempati peringkat ke-16 di antara kota global berdasarkan Global Cities Index tahun 2008 oleh Foreign Policy. Menurut survei biaya hidup Mercer, Sydney adalah kota termahal di Australia, dan termahal ke-66 di dunia. Sydney juga menempati peringkat ke-10 kota yang pantas dihuni di dunia menurut Mercer Human Resource Consulting dan The Economist. Sydney juga merupakan pusat keuangan internasional dan menempati peringkat ke-14 dari 50 kota keuangan global menurut Mastercard Worldwide Centers of Commercial Index (2007), dan peringkat ke-1 di Australia.

8. Perth
Perth adalah ibu kota Negara Bagian Australia Barat, negara bagian terbesar di Australia. Pada Juni 2006, Daerah Metropolitan Perth memiliki populasi sekitar 1.507.900, membuatnya kota terbesar keempat di Australia.

9. Adelaide
Adelaide adalah ibu kota dan kota terbesar di negara bagian South AustraliaAustralia. Adelaide adalah sebuah kota pesisir dan di Samudra Selatan. Penduduknya berjumlah 1.500.000 jiwa (perkiraan 2005) dan luas wilayah metropolitan Adelaide adalah 870 km². Dari segi populasi, Adelaide adalah kota terbesar kelima di Australia.

10. Auckland

Auckland adalah kota terbesar di Selandia Baru. Penduduknya berjumlah 1.241.800 jiwa.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook More